Gigi Berubah Warna? Ini Penyebabnya

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari dapat berkontribusi terhadap pemudaran warna alami gigi Anda yang seharusnya adalah warna putih. Untuk dapat mempertahankan keaslian warna alami gigi, terdapat beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda antisipasi dan batasi konsumsinya agar tidak menyebabkan warna alami gigi memudar. Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut antara lain adalah:

1.Teh
Teh termasuk jenis minuman yang menyehatkan, namun dapat memudarkan warna asli gigi. Jenis teh hitam dapat berisiko menodai gigi, bahkan lebih dari kopi. Jenis teh herbal dan teh putih juga dapat mengikis lapisan terluar gigi yaitu enamel, dan menodai gigi.

2.Saus
Saus dengan pewarna yang pekat, seperti kecap, saus tomat dan kari dapat menyebabkan noda pada gigi. Untuk menghindarinya, pilihlah jenis saus berwarna yang lebih cerah, seperti saus krim. Segera setelah mengonsumsi makanan dengan saus, segeralah menyikat gigi dan berkumur.

3.Minuman berenergi
Jenis minuman ini mengandung kadar asam yang tinggi yang dapat mempengaruhi gigi. Jenis minuman berenergi dapat dengan mudah mengikis enamel dan membuat gigi berisiko ternodai. Ganti minuman berenergi dengan meminum air putih selama berolahraga yang justru lebih efektif untuk mengatasi dehidrasi.

4.Minuman anggur merah
Minuman anggur merah dapat pula menodai gigi. Di dalamnya, terdapat kadar asam yang pekat dengan warna gelap dan kaya warna yang dapat memudarkan warna alami gigi. Meski warna yang pekat adalah salah satu penyebab warna gigi yang memudar, anggur putih yang tampak jernih juga dapat menyebabkan pudarnya warna alami gigi.

5.Buah-buahan dan buah beri
Jenis buah-buahan beri seperti bluberi, beri hitam, ceri, buah delima dan jenis buah-buahan berwarna cerah dapat menodai gigi. Jus dan makanan yang terbuat dari buah-buahan ini pun memiliki efek yang sama pada gigi. Selain itu, kandungan asam yang cukup tinggi juga dapat merusak enamel gigi, sehingga Anda perlu segera menyikat gigi dan berkumur untuk menjaga gigi setelah memakan buah-buahan ini.

6.Minuman soda, kola dan minuman berkarbon
Tambahan pewarna buatan serta kadar asam yang tinggi dapat menyebabkan gigi ternodai dan dapat mengikis enamel gigi.

7.Permen dan makanan manis
Permen keras, permen karet hingga lolipop dapat mengubah warna pada permukaan lidah dan dapat pula menodai gigi jika dikonsumsi terlalu sering.

Untuk menjaga agar warna gigi alami bertahan, Anda perlu menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikat gigi dan berkumur. Anda tidak perlu berhenti mengonsumsi buah-buahan beri yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi, namun imbangi dengan memakan pilihan lainnya seperti kembang kol, apel, anggur dan melon.

Articel kesehatan gigi lain bisa dilihat di http://meetdoctor.com/article/pakai-behel-gigi-perhatikan-ini

Komentar