Mana yang lebih baik, Makan buah Sebelum atau Sesudah Makan?


Source : sidomi.com
Buah adalah salah satu makanan pendamping yang diperlukan manfaatnya untuk kesehatan. Ada yang mengatakan, makan buah sebelum makan bisa membuat nutrisi buah terserap lebih banyak. Lantas seberapa besar nutrisi yang diserap makan buah sebelum makan?

Sistem pencernaan kita ternyata lebih hebat dari yang kita bayangkan. Sistem pencernaan yang sehat memiliki kemampuan untuk mencerna berbagai bentuk bahan makanan dalam satu waktu, kata dokter spesialis gizi klinik, Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.Oleh karena itu, buah akan tetap dicerna sekalipun dimakan bersamaan dengan makanan lainnya.

"Sebetulnya tubuh punya kemampuan untuk menyerap berbagai jenis bahan makanan. Saat kita makan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, secara bersamaan semua akan dicerna dengan enzim pencernaan yang memiliki tugasnya masing-masing," jelasnya saat ditemui di acara seminar media "Makan Pagi Sehat dengan Buah Kiwi" bersama Zespri, di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Mengenai pilihan waktu memakan buah dibanding makanan lain, Dr Fiastuti mengatakan bahwa pilihan tersebut bisa diatur tergantung tujuan dan kebutuhan. Buah dapat dimakan di awal sebelum makanan yang lain bagi mereka yang ingin langsing, katanya.

Buah juga tidak masalah dimakan di tengah atau di akhir, seperti pada anak-anak yang perlu makan buah. "Untuk yang ingin langsing memang disarankan makan buah khusus beberapa jam sebelum makan agar jumlah makannya lebih terkontrol, sehingga lebih mudah juga mengatur berat badan. Sementara anak kecil yang susah makan, bisa dikasih makan dulu baru disusul buah di akhir atau di sela-sela makanan utama. Bagaimanapun caranya, pencernaan punya kemampuan hebat untuk bisa menyerap berbagai jenis mikronutrien yang masuk sekaligus," terangnya.

(lifestyle.okezone.com)

Komentar