Jelajah Indonesia : Berkunjung ke Sarang Naga di Pulau Komodo

Di daratan China dan negara-negara Eropa, legenda naga menjadi salah satu hal yang terus diperbincangkan. Makhluk raksasa menyerupai kadal itu digambarkan memiliki sifat ganas, kuat, bisa terbang serta mengeluarkan api dari mulutnya.

Namun makhluk tersebut hanyalah sebuah legenda dan tidak dapat ditemukan bukti kebenarannya. Karena itu, orang-orang yang percaya dengan keberadaan naga terus mencari bukti kuat dan salah satu sasaran mereka tertuju pada binatang khas Indonesia, komodo.

Menurut mereka, komodo memiliki bentuk fisik yang mendekati ciri-ciri naga. Kadal raksasa yang populasinya hanya terdapat di provinsi Nusa Tenggara Timur itu memiliki sifat ganas, lincah serta senang memakan daging (karnivora). Meski tidak mempunyai sayap dan mengeluarkan api dari mulutnya, komodo tetap disebut sebagai kerabat terdekat naga dan karena itulah hewan buas ini memiliki nama 'internasional' Dragon Komodo.

Selain dianggap mirip dengan naga, komodo juga sering disebut-sebut sebagai salah satu kerabat dinosaurus. Banyak orang menganggap hewan reptil ini merupakan salah satu makhluk purbakala yang masih tersisa.

Memanfaatkan statusnya yang melegenda, Pemerintah Indonesia membuat kawasan perlindungan bernama Taman Nasional Komodo di pulau Rinca, Padar, Gili Motang dan pulau Komodo utama.

Untuk menuju kesana tidaklah sulit. Sekarang sudah banyak agen wsiata yang membuka jasa tur ke Kepulauan Komodo. Selain menyaksikan aktivias hewan buas ini di habitatnya langsung, pengunjung juga bisa merasakan keindahan alam dan laut yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Menurut catatan terakhir, ada skeitar 2500-3000 ekor komodo yang tinggal di Taman nasional ini. Jumlah tersebut belum termasuk dengan komodo-komodo yang hidup di luar kawasan Taman Nasional. Karena kekayaan alamnya ini, pulau Komodo diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Infomantap.net

Komentar